Friday, June 1, 2012

Facebook: Tentang Isteri Mark Zuckerberg


1. Wanita yang berprestasi
Chan yang terlahir di Braintree, Massachusetts terpilih untuk membawakan pidato perpisahan saat lulus dari SMU, Quincy High School pada 2003. Kemudian ia kuliah di Harvard dan mengambil jurusan Biologi. Berdasarkan informasi dari akaun Facebooknya, Chan mengajar ilmu pengetahuan alam kepada anak SMP selama setahun (2007-2008) dimana ia menggambarkan sebagai ''bercengkrama dengan anak-anak dan berusaha menjelaskan bagaimana cara bumi bekerja''. Tidak berhenti di sana, pada 14 Mei, bertepatan dengan hari lahir Zuckerberg, Chan lulus dari sekolah kedokteran UCSF dengan spesialisasi pediatri.

2. Bertemu saat berpesta
Awal pertemuan keduanya seperti selayaknya mahasiswa pada umumnya, yaitu di sebuah pesta. Saat itu Chan dan Zuckerberg sama-sama di depan toilet saat pesta persaudaraan Yahudi, Alpha Epsilon Pi. "Dia itu jejaka ulat buku yang jarang bersosialisasi," kata Chan.

3. Chan menikmati hal-hal yang sederhana
Chan merupakan wanita terkaya setelah menikah dengan pencipta Facebook yang memiliki saham senilai lebih dari US$ 17 Miliar. Namun ia lebih menikmati kehidupan yang sederhana. "Kami berusaha untuk berpegang teguh terhadap tujuan hidup, dan apa yang kami yakini dan lakukan dalam hidup, yaitu hal-hal yang sederhana," kata Chan. Pasangan ini menikmati momen berjalan bersama di taman dan memainkan papan permainan The Settlers of Catan.

4. Mengubah Zuckerberg menjadi lelaki yang lebih baik
Chan menginspirasi suaminya untuk memulai program donor organ dalam Facebook. Pada Mei, perusahaan itu membenarkan pengguna akaun Facebook memunculkan statusnya sebagai penderma juga mendaftar sebagai penderma organ. "Pembicaraan kami saat makan malam adalah berkenaan Facebook dan anak-anak yang ia temui," kata Zuckerberg mengenai Chan. "Ia melihat keadaan seorang anak semakin parah, kemudian, tiba-tiba tersedia derma organ. Ia pun pulang dengan berseri-seri karena kehidupan seorang anak menjadi lebih baik karena derma tersebut."

5. Menularkan kecintaannya akan kampung halaman
Isteri Zuckerberg merupakan keturunan China-Amerika. Ia pun mahir berbahasa Inggeris, Spanyol, dan Kanton. Pada 2010, Zuckerberg mulai belajar bahasa China ketika merancang pergi ke kampung halaman Chan yang masih memiliki saudara di sana. Meskipun tidak terlalu mahir, setidaknya Zuckerberg mampu berkomunikasi dengan neneknya Chan.

Credit to tempo